Akhirnyaa! Setelah tinggal di Belanda selama 2 tahun, sempet juga untuk dateng ke salah satu tempat yang paling populer di kalangan turis-turis: Madurodam! Banyak yang bilang katanya kalau travelling ke Belanda-nya cuma sebentar, mendingan ke Madurodam aja karena bisa ngeliat banyak hal tentang Belanda. Hmm bener nggak sih pernyataan itu?

Lokasi Madurodam itu agak jauh dari Amsterdam. Jadi waktu itu saya harus naik kereta dulu dari Amsterdam sampe ke Den Haag, terus lanjut naik tram ke arah Scheveningen. Walaupun jauh, tempatnya mudah banget di akses sama public transport. Waktu turun dari tram, jalan kaki cuma 2 menit terus langsung sampe deh!

Sesampainya disana, saya dan teman saya langsung beli tiket masuk. Harganya sekitar 15 euro tapi kalau student ada discount nya kok (lupa berapa). Pas masuk ke dalem miniature parknya, kita langsung amazed gitu.. nggak nyangka kalau ternyata tempatnya sebagus dan seluas ini. Sebenernya rada overwhelmed juga sih karena banyak banget yang mau di liat dan nggak ada rute specific. Berhubung hari masih panjang dan cuacanya cukup cerah, jadi kita bertekad untuk ngeliatin miniaturenya satu-satu dan nggak boleh sampe ada yang kelewat.

the first you see when you entered Madurodam

Pemandangan yang akan dilihat begitu masuk ke Madurodam

Akhirnya kita memutuskan untuk memulai dari daerah kiri dulu. Di bagian kiri di dominasi oleh bangunan kastil, monumen, dan museum-museum terkenal dari berbagai daerah di Belanda. Contohnya, ada Muiderslot Castle, The National Maritime Museum, the famous Dam Square, Dom Tower Utrecht, dan masih banyak rumah-rumah lucu lainnya.

Setelah merasa puas melihat-lihat di daerah kiri, kita mulai menjajah sisi kanan. Berbeda dengan miniature-miniature sebelumnya, bangunan yang ada di sisi kanan lebih banyak menunjukkan sisi industrial Belanda. Jadi ada gedung-gedung perkantoran kayak di Sudirman, pabrik, pelabuhan, dan bahkan miniature Schipol airport beserta pesawat-pesawatnya loh.

miniature schipol airport in madurodam

Schipol Airport

Sebelum lanjut lihat-lihat daerah yang belum terjamah, kita istirahat dulu karena capek juga ternyata ngiterin miniature parknya. Di area belakang Madurodam ada kayak ruangan kecil yang memutar show tentang bagaimana Belanda itu terbentuk. Shownya ada dalam bahasa inggris juga loh. Nah jadi saya dan teman saya memutuskan untuk masuk ke dalam dan menonton pertunjukkan tersebut. Tanpa disangka-sangka, shownya super keren banget. Mereka pake teknologi  video mapping ke seluruh tembok-tembok kosong di ruangan. Jadi terasa real dan nggak membosankan sama sekali.

alifa shabrina at madurodam

Setelah istrirahat sebentar, kita lanjut lagi liat liat rumah tipikal belanda. Hal yang kita amazed adalah Madurodam nge-design miniaturenya super detail dan mirip banget sama aslinya. Dari mulai rumah-rumah di pinggir canal, jembatan yang kebuka saat kapal lewat, perayaan King’s Day yang bernuansa orange, windmill, keju, dan bahkan ladang tulip. Benar-benar kalau turis yang hanya bisa sebentar stay di Belanda, lebih baik jalan-jalan kesini aja karena udah langsung bisa melihat Belanda secara garis besar.

Oiya, Madurodam juga dilengkapi sama playground loh di area belakang. Walaupun terkesan hanya untuk anak-anak, tapi banyak juga orang-orang berumuran 20-ish yang main disana. Jadi kalian bisa bawa temen, keluarga, atau siapa pun ke tempat ini. Ada baiknya jika kalian mau kesini, cek dulu ramalan cuacanya. Karena kayaknya kalau hujan, tempatnya jadi nggak menarika karena semuanya outdoor. Waktu itu saya beruntung banget lagi agak cerah dan kita disana menghabiskan waktu sekitar 4 jam buat melihat seluruh miniature plus foto-foto sepuasnya.

Practical Information
Madurodam
George Maduroplein 1
2584 RZ Den Haag 
The Netherlands
Opening Hours
inside madurodam miniature park

Diantara rumah-rumah mungil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s