Giethoorn: Venice of The Netherlands

Desa kecil yang terletak di bagian utara Belanda ini merupakan salah satu destinasi favorit turis waktu Summer. Nah jadi.. di musim panas tahun lalu saya dan beberapa teman saya pergi ke Giethoorn.

Perjalanan ke Giethoorn lumayan panjang... kira-kira 2 jam kalau dari Amsterdam Centraal Station. Berhubung kita nggak mau kesiangan, jadinya kita memutuskan untuk ngambil kereta yang jam 9 dari Amsterdam Centraal. Rute nya dari Amsterdam Centraal, naik kereta ke arah Steenwijk. Terus nanti dari Steenwijk naik bis no. 70 ke arah Zwartsluis. Turun di bus stop Dominee Hylkemaweg.... sampe deh! Tinggal jalan sedikit terus nanti keliatan keramaian (seriously, Giethoorn rame banget sama turis-turis. Terlebih lagi kalau cuacanya bagus) dan boat-boat kecil parkir di pinggir canal.

Di (semacam) pintu masuk, ada kedai kecil khusus untuk renting boat. Tapii.... antriannya panjang banget dan katanya kalau kita beruntung, kita bisa sewa boat dengan harga yang lebih murah di tempat yang agak-agak kebelakang.

The entrance. Those red boats are for rent

Akhirnya kita memutuskan untuk menelusuri pinggir canal dan bertanya ke setiap tempat sewa boat. Sayangnya kita kurang beruntung :( hampir semua boat udah full booked sampai jam 3 sore. Jadi kita harus nunggu kurang lebih 3 jam. Agak menyesal sih harusnya dari awal sebelum berangkat kita udah book perahu dulu. Soalnya memang ada beberapa website tentang rent a boat di Giethoorn gitu.

Strolling around the Dutch water village (by foot)

Sambil nunggu jam 3, kita memutuskan untul jalan-jalan di desanya. Ada museum kecil, restaurant di pinggir canal, restaurant di boat yang parkir, ice cream shop, macem-macem deh. Sekitar jam 2an kita udah mulai bosen nih... foto-foto udah, makan es krim udah, makan cemil-cemilan juga udah. Akhirnya kita memutuskan untuk nanya ke setiap mas-mas yang sewa boat lagi.

Other things to do in Giethoorn apart from renting the boat

Alhamdulillah! Pas banget ada turis yang baru selesai trip nya dan lagi balikin boat. Terus kita ditawarin untuk sewa boat itu dengan harga 30euro buat ber 6, selama 2 jam. Tanpa berfikir panjang, kita langsung aja setuju! Oiya, kita juga di kasih map of Giethoorn sama mas-mas nya. Jadi (kalo nggak salah) ada 3 rute. Rute yang 1 jam, 2 jam, sama 3 jam. Rute 2 jam dan 3 jam itu more or less mirip, jadi kita nggak kehilangan banyak tempat sih.

Happy faces finally got the boat!

Karena saya cewek sendiri, jadi yang nyetir perahu nya cowo-cowo aja bergantian.. wkwk yang baca peta juga mereka hahah. Saya bagian bilang "awas kanan nabrak perahu orang" atau "awas kiri ada bongkahan kayu" hehehe. Ternyata nyetirnya juga agak susah loh! Karena kalau di setir ke kanan, perahu nya malah ke kiri. Jadi setiap yang jadi 'captain' pasti awalnya nabrak-nabrak dulu haha

Di 30 menit pertama, kita ngelewatin the Dutch Water Village. Jadi di kanan-kiri kita ada rumah-rumah Belanda beserta taman nya. Terus biasanya setiap 2 rumah ada jembatan kecil dan juga cycle path. Cycle path ini katanya baru-baru aja ditambahin. Dulunya main transport di Giethoorn ini pake perahu aja.

View from the boat: beautiful Dutch houses by the canal

Setelah melewati rumah-rumah yang cantik ini, kita sampai di area dimana kosong banget, nggak ada apa-apa. Kanan-kiri cuma ada rumput liar terus anginnya kenceng banget pula! Gak mau lama-lama disana, kita akhirnya menemukan taman kecil di tempat antah berantah itu! Kita pun memutuskan untuk menepi.

Di taman kecil itu, banyak orang yang lagi sunbathing, anak-anak kecil lari-lari, dan ada juga yang bbq! Entah deh mereka sewa boat nya berapa jam haha. Kita mampir cuma sebentar karena takut telat balikin perahunya.

That small park in the middle of nowhere

Yak perjalanan pun di lanjut! Kita kembali menyusuri path yang kanan-kiri nya cuma ada rumput-rumput liar. Terus boat kita entah kenapa bocor pula! Jadi air nya masuk ke dalam boat gitu.. Alhasil salah satu teman saya (ya, lagi-lagi diantara salah satu cowo-cowo itu) yang nge-ciduk air nya keluar hahah

On the way back! Macet~

Karena ada banyak trial dan error, jadinya kita ngaret balikin boatnya. Kena denda deh suruh bayar additional 10euro. Tapi yasudahlah ya... Sekitar jam 5.30 kita udah siap-siap balik karena bis terakhir kalau weekend itu jam 6 sore. Oiya, bis nya juga cuma 1 jam sekali. Jadi kalau ketinggalan bis lumayan juga nunggu nya.

Sunny day in the Venice of the North!

Selesai deh trip ke Giethoorn nya! Seru dan recommended karena super bagus banget vila nyaa! Thank you juga untuk pria-pria berjasa ini:

• Khrisna & Nirwan: event organizer
  • Michael: bagian nanya-nanya perahu + photographer
  • Andre: bagian ciduk-ciduk air
  • Keithsen: tim hura-hura

P.S. Khrisna (kalo ingatan saya nggak salah) itu yang paling jago nyetir perahu nya loh! #infopenting