Suka Duka Saat Canal Bike-ing

Salah satu aktivitas yang paling menyenangkan saat summer di Belanda adalah main canal bike (a.k.a sepeda air). Waktu itu cuaca di Amsterdam lagi super bagus banget (sekitar 25 derajat celcius dan angin nya juga lagi bersahabat). Jadi tanpa pikir dua kali, saya langsung memutuskan untuk nyobain main canal bike.

Saya dan temen saya (Dyka) pergi ke daerah Prinsengracht untuk sewa canal bike di Stromma Tours company. Kenapa memilih company yang ini? Karena kebetulan tiap ke daerah Prinsengracht selalu ngelewatin kiosk nya dan selalu rame sama turis. Lokasi kiosk mereka ada di sebrang Anne Frank museum, di pinggir-pinggir canal. Don't worry, you won't miss it!

Berdasarkan penjelasan dari mereka, ada 3 titik tempat (Rijksmuseum, Westerkerk, dan Leidseplein) untuk sewa dan balikin canal bike. 1 canal bike bisa di sewa untuk 1 - 5 orang dan durasinya ada yang 60 menit (9 euro) atau 90 menit (12 euro). Mereka juga ngasih rute canal yang bisa kita lewatin, lengkap sama durasi yang dibutuhkan. Akhirnya saya memilih untuk mencoba rute yang medium dengan durasi 60 menit. Oiya, seinget saya kita harus bayar deposit fee (lupa berapa) yang nanti nya akan di kembalikan saat kita selesai sewa canal bike. Kalau ternyata kita telat pas balikin boatnya, mereka akan ngasih kita charge tambahan.

Setelah melakukan pembayaran, saya menunggu sekitar 10 - 15 menit sampai ada canal bike yang tersedia. Setelah itu, langsung deh dengan semangat kita naik ke boat nya. Nah... karena kaki orang Belanda itu tinggi-tinggi, jadi jarak ke pedal nya lumayan jauh dan saya nggak nyampe HAHA. Jadinya yang kebanyakan gowes ya Dyka, yang foto-foto juga Dyka karena dia emang jago photography wkwk.

Finally got our boat!

Terus tugas saya apa dong? Tugas pertama adalah mengendalikan stir nya (which is gampang banget), tugas kedua baca peta rute canal (which is susah dan nyasar terus wk), dan tugas ketiga gantian fotoin Dyka (yang hasilnya nggak bagus-bagus amat wkwk maap ya Dyk).

Niat awal kita adalah sewa canal bike di Westerkerk (yang di jalan Prinsengracht) dan balikinnya di Leidseplein. Apa daya gowesnya super susah dan ternyata capek banget, plus baca peta nya kadang-kadang salah, jadilah kita balikin boat nya di Westerkerk lagi. Ada beberapa menit yang canal bike nya diem aja di tengah canal karena kita sama-sama capek nge-gowes haha. Selama 1 jam kita hanya muter-muter di daerah Prinsengracht, ya sejauh-jauh nya cuma 3 block canal dari tempat awal (LOL).

Walaupun banyak halang rintang, naik canal bike itu super fun banget dan saya nggak berenti ketawa karena ada aja hal bodoh yang terjadi. Selain kita bisa menikmati rumah-rumah cantik khas Belanda di sepanjang canal, kita juga sekalian olahraga (semacam) naik sepeda #halah.

had too much fun!

Practical Information

Stromma Canal Bike Amsterdam
Prinsengracht 279
Opening hours: Summer only (10 AM - depending on the weather)